Manfaat Daun Sirih Hijau Untuk Kesehatan

      Manfaat Daun Sirih Hijau Untuk Kesehatan– Daun sirih termasuk tumbuhan Piperaciaea, jenis tumbuhan ini merambat pada batang pohon namun terkadang ada juga yang ditanah. Daun sirih atau latinnya disebut Piperbatle memiliki manfaat yang sangat banyak sekali untuk kesehatan, diantaranya mengobati batuk, mengobati diare, mengobati keputihan dan maish banyak lagi penyakit yang bisa diatasi dengan daun sirih ini. Daun sirih merupakan obat tradisional yang baik sekali tanpa ada campuran-campuran kimia yang bisa membahayakan tubuh anda. Untuk mengetahui manfaat dan caranya yuk kita tengok langsung saja Manfaat Daun Sirih Hijau Untuk Kesehatan dibawah ini.

Manfaat Daun Sirih Hijau Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sirih Hijau Untuk Kesehatan

  • Mengobati Keputihan

Keputihan merupakan hal yang sangat tidak disukai oleh para kaum wanita, karena keputihan itu menyebabkan baunya daerah V pada wanita, maka dari itu kita harus menjaga kebersihan V kita salah satunya dengan menggunakan daun sirih supaya selalu bersih dan wangi, yaitu dengan cara merebus 7 sampai 10 lembar daun dengan menggunakan 2,5 liter air lalu masak sampai mendidih. Setelah mendidih dan warnanya menjadi berubah, dinginkan terlebih dahulu airnya setelah hangat basuhkan pada V. Lakukan secara teratur baik 3 kali sehari atau seminggu sekali, jangan terlalu sering menggunakannya karena akan menyebabkan keringnya rahim.

  • Mengobati Gatal disebabkan Alergi

Daun sirih jika kita cium akan mengeluarkan rasa hangat, dan hangatnya itu cocok untuk mengatasi gatal disebabkan alergi, caranya dengan menumbuk minyak kayu putih sebanyak 1,55 sendok makan, jahe kuning sebanyak 1 potong dan daun sirih 6 lembar. Tumbuk hingga halus, setelah halus oleskan pada bagian yang gatal.

  • Mengatasi Diare

Perut ketika sakit akan terasa nyaman jika kita menyimpan sesuatu benda yang hangat diatas perut baik itu air hangat atau benda apapun. Begitupun dengan daun sirih yang mengeluarkan aroma hangat akan membuat perut terasa lebih nyaman, dengan cara menumbuk lada 6 biji, minyak kelapa 1 sendok makan dan daun sirih sebanayk 4 atau 6 lembar. Setelah ditumbuk halus gosokkan pada perut dan simpan hingga kering.

  • Mengatasi Gusi Berdarah

Sahabat semua pasti tahu kalau nenek-nenek zaman dulu itu suka mengunyah daun sirih yang namanya nginang dengan campuran lainnya, dan gigi mereka memang terbukti sampai sekarang sehat dan masih pada kuat, contohnya saja nenek saya. jika gusi anda berdarah coba rebus daun sirih sebanyak 4 lembar sampai mendidih, jika sudah berubah warna dinginkan airnya hingga nhangat, ketika sudah hangat kumurkan pada gigi, dan lakukan secara berulang supaya hasilnya lebih baik. Dan bagus juga untuk merawat gigi supaya kuat.

  • Mengatasi Mimisan

Mimisan sering kita alami karena mungkin kecapean atau kepanasan, cara mengatasi mimisan mudah saja hanya mengambil satu buah daun sirih lalu ditekan sembari digulung supaya agak lembut, lalu masukkan kedalam hidup supaya menyumbat pendarahannya.

  • Mengurangi ASI yang keluar

Jika sahabat lebih banyak mengeluarkan asi dan mubazir jika tidak dikonsumsi oleh bayinya, maka sahabat harus mengatasinya dengan mengambil satu buah daun sirih lalu diolesi minyak kelapa, kemudian panggang daun hingga hangat setelah itu tempelkan pada daerah payudara.

           Demikian Manfaat Daun Sirih Hijau Untuk Kesehatan, semoga kita selalu diberikan kesehatan. 🙂

%d blogger menyukai ini: