Keutamaan Bulan Sya’ban

         Bulan sya’ban adalah bulan yang akan kita lalui menuju bulan yang suci yaitu bulan Ramadhan yang akan selalu kita nantikan disetiap tahunnya, jika kita akan menemui bulan ramadhan maka rasa rindu akan semakin mengggebu namun jika bulan ramadhan sudah terlewati maka rasa sedihpun akan menghampiri. bulan sya’ban merupakan bulan kedelapan dari kalender islam, dalam bulan sya’ban ini banyak sekali keutamaan yang akan kita dapat salah satunya jika kita berusaha semaksimal mungkin dalam beribadah di bulan ini maka kita akan mendapatkan kesempurnaan dalam ibadah di bulan ramadhan nanti.

Keutamaan Bulan Sya'ban

Keutamaan Bulan Sya’ban

Keutamaan pada bulan sya’ban jika kkita benar-benar melaksanakan semua ibadah dengan baik, diantaranya:

1. Amal manusia diangkat

Seperti dalam sebuah hadits dikatakan bahwa: Dari utsamah bin Zaid r.a, beliau berkata:”saya berkata: “ya rasulullah, saya tidak pernah melihatmu berpuasa dalam suatu bulan dari bula-bulan yang ada seperti puasamu di bulan sya’ban.” beliau bersabda:”itulah bulan yang manusia lalai darinya antara Rajab dan Ramadhan. dan merupakan bulan yang di dalamnya diangkat amalan-amalan kepada rabbul ‘alamin. dan saya menyukai amal saya diangkat, sedangkan saya dalam keadaan berpuasa.” (HR. Nasa’i).

Seperti dalam hadits diatas, kita harus selalu melakukan amalan-amalan yang baik, karena dengan amalan yang baik itu akan melahirkan pahala yang baik apalagi ketika amal kita diangkat oleh Allah.

2. Disebut juga sebagai bulan Al-Quran

Membaca Al-Quran memang tak diharuskan pada  bulan sya’ban saja, dan waktu bulan sya’ban saja. Namun juga harus disetiap waktu dan disetiap tempat namun harus tempat yang suci. Seperti halnya kaum muslimin terdahulu ketika mereka memasuki bulan sya’ban mereka selalu membaca Al-Quran setiap hari dan melakukan amalan-amalan yang baik lainnya.

       Sahabat harus selalu merenungi disetiap langkah yang kita tempuh, karena tanpa kita sadari terkadang kesalahan kita akan dilakukan. 🙂

%d blogger menyukai ini: