3 Hal Yang Menjadikan Bulan Ramadan (Puasa) Lebih Utama dari Bulan Lainnya

Marhaba ya Ramadhan – Bulan puasa atau bulan Ramadhan merupakan bulan yang di dalamnya di penuhi dengan kemuliaan, keberkahan dan ampunan bagi orang-orang yang beriman. Melalui bulan Ramadhan kita selaku umat islam tentunya di wajibkan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh dan menjauhi segala hal yang dapat membatalkan puasa.

Semua bulan di penuhi dengan keberkahan di dalamnya, namun keberkahan yang ada di dalam bulan Ramadhan lebih unggul dari bulan lainnya. Tahukah anda apa yang menjadikan bulan ramadhan lebih utama dari bulan-bulan lainnya? Langsung saja kita simak beberapa kelebihan bulan suci Ramadhan yang perlu kita ketahui.

Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Keutamaan Bulan Ramadhan

 

Al-qur’an di turunkan pada bulan ramadhan

Tentunya anda sudah tahu bahwa Mukjizat terbesar Nabi Muhammad SAW adalah alqur’an yang menjadi sebuah pedoman hidup seluruh manusia agar bisa membedakan mana yang hak dan mana yang batil.

Dibukanya Pintu Syurga dan di tutupnya pintu Neraka serta di belenggunya Setan-setan.

Pada bulan puasa pintu syurga di buka karena pada bulan yang mulia ini kita akan berlomba-loba dalam melaksanakan berbagai amal kebaikan dan dengan di bukakannya pintu syurga dalam bulan ramadhan kita semua selaku umat muslim bisa termotivasi dan lebih bersemangat dalam menjalankan ibada dengan harapan mendapatkan Ridli Allah Swt.

Pada bulan ramadhan pintu neraka di tutup karena pada bulan ini akan lebih sedikit umat muslim dalam ma’siat dan setan-setanpun di belenggu berbeda dengan bulan-bulan lainnya yang mana setan lebih leluasa menggoda anak adam dalam beribadah.

Dengan di bukakannya pintu syurga, di tutupnya pintu neraka dan di belenggunya setan-setan yang menggoda manusia, semua itu semata-mata karena Allah yang maha esa memulikan bulan Ramadhan.

Terdapat Malam Seribu Bulan (Lailatul Qadar)

Keutamaan bulan Ramadhan yang selanjutnya yang tidak di miliki bulan-bulan lainnya yaitu lailatul Qadar (Malam kemuliaan).

Malam lailatul Qadar ini memiliki keutamaan yang sangat istimewa karena pada malam lailatul Qadarlah Al-Qur’an di turunkan dan kemuliaan yang terdapat pada malam lailatul Qadar lebih utama dari seribu bulan.

 إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ – وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ – لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

 “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr [97] : 1-3)

Sekian informasi tentang keutaman dari bulan Ramadhan kali ini semoga bermanfaat dan semoga kita termotivasi untuk berlomba-lomba dalam melakukan amal shaleh. Sebenarnya masih banyak keutamaan-keutamaan yang terdapat dalam bulan ramadhan seperti bulan di ijabahnya do’a, bulan dilipat gandakannya amal kebaikan, bulan yang penuh ampunan dan banyak lagi hal-hal yang luar biasa yang terdapat dalam bulan penuh berkah ini.

Artikel Terkait:

%d blogger menyukai ini: