Bacaan Do’a Niat Puasa & Buka Puasa Ramadhan Lafadz Juga Artinya

      Menjalankan segala sesuatu takkan lepas dari yang namanya niat, karena niat merupakan bentuk perintah kita yang dimana ada niat pasti ada yang akan kita lakukan, dalam bulan Ramadhan ini kia diperintahkan untuk berpuasa sebulan penuh, sebelum sahabat memulai harus ada niat dulu yang pasti dan yakin supaya puasanya berada dalam niat yang baik.

Mengenai niat nabi Muhammad SAW pernah bersabda tentang pentingnya berniat, seperti dalam hadits dibawah ini:

إِنَّمَاالْأَعْمَالُ بِانِّيَاتِ وَإِنَّمَا لِكُلِ امْرِئٍ مَانَوَى

Artinya: Sesungguhnya semua amal itu tergantung pada niat melakukannya dan setiap orang hanya akan mendapat sesuai apa yang ia niatkan.

Berdasarkan hadits diatas kita bisa ketahui bahwa niat itu sangatlah penting disetiap perbuatan kita, karena niat kita itu bisa menentukan nasib kita maka hati-hatilah anda dalam berniat, dan niat merupakan salah satu rukun puasa, dan rukun puasa yang lainnya yaiu kita menahan lapar dan haus dari mulai terbitnya matahari hingga terbenamnya matahari.

Dalam membacakan doa puasa sebaiknya membaca sebelum terbitnya fajar, lebih baik jika kita mmemmbacanya setelah shalat terawih atau setelah shalat witir, atau jika kita lupa bisa juga membacanya ketika beres makan sebelum imsak. Dan doa untuk berbuka puasa sebaiknya kita ucapkan ketika adzan maghrib sudah tiba.

Berikut Bacaan Do’a Niat Puasa dan Buka Puasa:

Bacaan Do'a Niat Puasa dan Buka Puasa

Namun Do’a berbuka puasa tak hanya itu saja, ada juga satu do’a lagi yang suka orang bacakan, adapun mengenai mana yang sebaiknya dibaca itu menurut keyakinan sahabat saja, yang manapun yang kita baca itulah niat kita dan keyakinan kita:

Bacaan Do'a Niat Buka Puasa

Membaca do’a niat puasa dan buka puasa harus sesuai dengan lafalnya, supaya niat kita yakin dan baik dan tentunya amal kita akan diterima oleh-Nya. Semoga puasa kita yang akan kita jalani ini mendapatkan Ridho dan maghfiroh dari-Nya untuk bisa menjalankannya sesuai dengan tuntunan. Selamat menjalankan ibadah puasa ya sobat. 🙂

%d blogger menyukai ini: