Iklan

JK Tak Mau Jawab, Saat Hatta Bertanya Tentang kalpataru

Debat Capres

Debat Capres yang berlangsung tadi malam bertema Pangan, Energi dan lingkungan hidup merupakan debat putaran terakhir atau kelima bagi para calon Presiden, yang berlangsung sangat kompetitif. Sudharto P. Hadi, yaitu Rektor Universitas Diponegoro merupakan moderator untuk membuat debat ini semakin berjalan dengan lancar dan ramai.

Sesi pertanyaan pertama di buka oleh Hatta Rajasa dengan pertanyaan mengenai Kalpataru “Banyak kota yan ingin mendapatkan penghargaan tertinggi atau kalpataru, bagaimana pandangan bapak mengenai hal ini dan bagaimana upaya pencapaiannya”. Dengan segera Jokowi pun langsung memaparkan penghargaan itu tak hanya kita berikan dalam bentuk piala saja, namun jua berbentuk dana dan anggaran, dengan begitu masyarakat akan memperbaiki lingkungannya dengan baik.

Dengan pemaparan Jokowi tersebut, Hatta langsung merespon kembali bahwa piala dan dana tak begitu prinsip dalam masalah lingkungan, karena menurut Hatta penghargaan merupakan refleksi kota menjadikan lingkungannya hijau dan sehat dengan berhasil.Lalu Hatta pun langsung menyerang tentang kota Solo dan Jakarta yang dipimpin oleh Jokowi belum pernah mendapatkan kalpataru.

Kemudian JK pun lansgung menjawab pertanyaan Hatta “pertanyaan bapak sangat bagus, namun keliru, bukan kapataru melainkan adipura”.

Hanya tersenyum dan menjawab “salah tapi tetap dijawab” kata Hatta. Dan ketika moderator menawarkan pertanyaan lain karena waktunya masih ada namun Prabowo dan Hatta tak berkata apa-apa.

Calon wakil Presiden ini menyia-nyiakan waktunya untuk bertanya, karena pertanyaannya keliru mengenai penghargaan lingkungan untuk kota. Kalpataru merupakan pengahrgaan yang diberikan perorangan atau kelompok atas jasanya telah melestarikan lingkungan hidup. Wikipedia.org

Sedangkan yang dianggap menurut pak Hatta adalah Adipura, yaitu penghargaan bagi kota Indonesia yang dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Wikipedia.org

Iklan
%d blogger menyukai ini: