Iklan

10 Lomba Dalam Memeriahkan Hari Kemerdekaan 17 Agustus

       Hari kemerdekaan atau biasa juga kita menyebutnya dengan 17 Agustus seri g kita melihat dimana-mana orang berbondong-bondong pergi ke suatu tempat di daerahnya untuk memeriahkan hari kemerdekaan itu, memang tak aneh jika kita melihat perlombaan-perlombaan yang disajikan pada tanggal 17 Agustus itu namun itulah hari dimana kemerdekaan untuk Negara kita yang musti kita rayakan untuk mengingat para pahlawan yang begitu besar pengorbanannya kepada kita semua sebagai warga negara indonesia. Kita merayakan dengan meriah dengan segala perlombaan bukan berarti untuk memeriahkan semua pahlawan yang gugur namun memeriahkan betapa hebatnya mereka sehingga kita bisa merdeka. Untuk itu yuk kita meriahkan bulan Agustus ini dengan berbagai perlombaan, berikut perlombaan yang biasa di sajikan dalam kegiatan 17 Agustus-an.

10 Lomba Dalam 17 Agustus

1. Lomba Makan Kerupuk

Lomba Makan Kerupuk

Untuk lomba yang satu ini pasti sahabat suka melakukannya di daerah masing-masing, dengan tangan di belakang tanpa boleh dilepaskan dan mulut yang terus menganga supaya bisa memakan kerupuk yang digantung dengan tali rapia biasanya dan itu harus kita habiskan, siapa orang yang pertama kali menghabiskan kerupuk itu maka itulah juaranya.

Perlombaan makan kerupuk ini merupakan permainan favorit yang mengajarkan kita betapa susahnya orang-orang di zaman dahulu untuk mencari makan karena adanya penguasa yang selalu mengambil hak mereka.

2. Lomba Panjat Pinang

Lomba Panjat Pinang

Lomba yang satu ini pasti disetiap daerah melakukan ini karena inipun merupakan perlombaan yang difavoritkan karena hadiahnya tidak tanggung-tanggung. Perlombaan ini awal mulanya dlakukan oleh orang Belanda yang waktu itu mereka melakukan permainan dengan hadiahnya yaitu keju, kemeja dan gula. Filosofis dari permainan ini yaitu kita harus selalu bekerja sama dalam hal apapun supaya bisa mencapai tujuan, ya meskipun permainan ini identik dengan menginjak-injak kepala namun itulah indahnya. 🙂

3. Lomba Balap Karung

Lomba Balap Karung

Lomba yang inipun pasti selalu ada disetiap perlombaan di hari kemerdekaan, dengan setengah badan yang dimasukkan kedalam karung lalu lompat-lompat dengan karung itu siapa yang pertama kali sampai ke finish itulah pemenangnya.

Balap karung ini mengintakan kita kepada orang-orang terdahulu yang dimana mereka itu dulunya memakai karung goni untuk menutupi tubuh mereka meskipun gatal tapi harus mereka pakai karena waktu itu Jepang menjajah. Dengan seperti itu kita harus selalu bersyukur atas apa yang kita dapatkan sekarang ini.

4. Lomba Tarik Tambang

Lomba Tarik tambang

Lomba yang penuh dengan kekuatan ini melawan satu kekuatan dengan menggunakan tali, kelopok siapa yang bisa membuat kelompok lainnya terjatuh maka kelompok itulah yang jadi pemenang. Dari perlombaan ini kita bisa mencari hikmahnya bahwa disetiap kehidupan kita akan selalu mmembutuhkan perjuangan yang ekstra keras, karena dengan berjuang kita bisa menjalani hidup ini.

5. Lomba Membawa Kelereng Dalam Sendok

Lomba Membawa Kelereng Dalam Sendok

Perlombaan ini sangat disukai oleh anak-anak, karena selain seru juga menjaga keseimbangan dan kefokusan ketika sedang bermain ini, karena jika kita lengah sedikit saja maka  kelerengnya akan jatuh kebawah, biasanya lomba ini diberikan tiga kali kesempatan jika sudah tiga kali jatuh maka sudahlah kalah.

6. Lomba Memindahkan Belut

Lomba Memindahkan Belut

Lomba yang satu ini terkadang membuat semua orang menjerit karena banyak yang takut dengan belut namun juga terkadang karena licinnya belut ini orang-orang teriak karena ingin segera memindahkan belutnya dan inin memang dari yang lainnya.

7. Lomba Sepak Bola Sarung

Lomba Sepak Bola Sarung

Perlombaan ini hanya di peruntukan bagi para lelaki saja atau bapak-bapak yang ingin seak bola dan rela dirinya memakai sarung atau juga terkadang memakai daster istrinya, namun ingat ya sobat harus tetap menggunakan celana takutnya sarungnya melorot nanti. 🙂

8. Lomba Sepeda lambat

Lomba Sepeda Lambat

Tak selamanya yang cepat itu jadi juara, nih buktinya ada perlombaan yang lambat dan jika sudah sampai finish jangan sampai kakinya menginjak tanah, jika menginjak tanah maka kalahlah itu dan harus dengan lambat ya menjalankan sepedanya.

9. Lomba Memasukkan Paku Kedalam Botol

Lomba Memasukkan Paku Kedalam Botol

Lomba yang satu ini memerlukan konsentrasi yang penuh juga kuda-kuda kita harus biasaa dilatih dari sekarang, karena nanti perlombaan ini carnya paku diikat dengan tali rapia dan talinya itu diikatkan pada pinggang kita dan kita harus bisa memasukkan paku itu kedalam botol dalam keadaan seperti kita sedang buang air besar. 🙂

10. Lomba Bakiak

Lomba bakiak

Perlombaan yang satu ini biasanya dilakukan oleh tiga orang yang harus bisa menyeimbangkan semua kaki mereka dan juga bekerja sama dengan baik, mengajarkan kita untuk tidak egois dan untuk selalu bekerja sama antara satu sama lain. Karena tak mungkin penjajah bisa kalah oleh satu ornag saja, pastiny dengan cara bekerja sama dan penuh dengan visi.

Itulah 10 lomba yang biasa dilakukan dalam memperingati hari kemerdekaan 17 Agustus. Semoga bermanfaat. 🙂

Iklan
%d blogger menyukai ini: