Iklan

Pengertian Dari Istilah Penyakit Bipolar Disorder

Layaknya dua sisi mata uang yang takkan pernah terpisahkan, begitupun dengan rasa senang dan sedih yang akan selalu ada merupakan bagian dari seseorang yang sedang menderita penyakit bipolar disorder yang memiliki perasaan yang berbeda secara tiba-tiba sehingga orang disekitarnya merasa aneh dan tidak mengerti. Seperti halnya Marshanda yang divonis oleh dokternya mengidap penyakit tersebut namun ia mengelak dengan berbagai cara. Namun apa sih sebenarnya penyakit bipolar disorder itu, inilah uraiannya.

Penyakit Bipolar Disorder

Bipolar disorder adalah sebuah gangguan jiwa yang sifatnya episodic. Pemicu dari gangguan ini adalah tidak seimbangnya neurotransmitter (cairan kimia) yang ada di otak yang akan mengakibatkan gangguan otak sehingga apa yang akan disampaikan akan terganggu.

Dua kutub emosi merupakan nama lain dari bipolar disorder, dimana ketika seseorang sedang merasakan semangat dan kebahagiaan namun tak jauh dari rasa itu akan tiba-tiba berubah menjadi pemurung.

Gangguan ini diakibatkan oleh dua factor, yaitu factor internal dan factor eksternal. Faktor internal mengacu pada gen, dan factor eksternalnya yaitu berkenaan dengan kehidupan masa lalu yang dialami oleh penderita, dengan demikian mungkin saja semaca kecilnya penderita itu mengalami hal yang tak menyenangkan, mengalami ttekanan dari luar maupun dari dalam atau pernah mengkonsumsi seuatu hal yang tidak diperbolehkan.

Untuk lebih lanjutnya kita uraikan kelainan ini yang biasanya terjadi pada awal remaja. Ada empat episode emosi yang biasanya dirasakan oleh penderita, diantaranya:

Mania

Pada episode ini penderita akan merasakan semangat dan bahagia yang sangat luar biasa, dan penderitapun akan mengalami sulit untuk tidur. Selain itu juga penderita merasa kalau ia tak butuh dengan orang lain karena merasa percaya diri yang sangat berlebihan.

Hipomania

Untuk episode ini tak jauh berbeda dengan episode mania yang dimana penderita akan merasakan ketenangan yang lebih sehingga gejala ini tak jauh berbeda dengan orang yang sedang merasakan kebahagiaan.

Depresi

Berbeda dengan dua hal diatas, depresi merupakan situasi yang sangat murung dan memiliki tekanan, jika tak bisa ditangani maka penderita akan masuk kedalam hal yang negative, mungkin bisa sampai bunuh diri.

Campuran

Dalam episode ini depresi dan emosi mania bercampur menjadi satu, seperti halnya orang yang sedang bercerita dengan semangat, namun yang dibicarakannya hanya hal-hal yang negative saja dan kejelekan saja.

Secara sederhana, penyakit ini terbagi pada du tipe, yaitu tipe bipolar disorder I dan bipolar disorder II. Bipolar disorder I penderita akan mengalami episode manic, namun bipolar disorder II penderita akan mendominasi gejala pada episode depresi dan tak akan pernah mencapai pada episode manic.

Pada bipolar I laki-laki dan wanita sama dalam prevalensi penderitanya, namun pada tipe II penderita jauh lebih banyak pada wanita seperti dua banding 1.

Iklan
%d blogger menyukai ini: