Iklan

Manfaat dan Cara Membuat Infused Water

Menurut ahli gizi dari Universitas pembangunan Veteran Firlia Ayu Arini bahwa mengkonsumsi air dengan ditambahkan potongan buah memang sangat baik apalagi untuk orang yang jarang atau tidak suka dengan air putih. Kandungan gizi didalamnya tak ada perbedaannya dan masih terdapat kandungan gizi yang kita makan baik itu dari buahnya ataupun airnya. Namun jangan dicampur dengan campuran yang mudah larut seperti sirop dan gula. Jika buah disatukan dengan air maka penyerapan sari buahnya lebih tinggi.

Manfaat dan Cara Membuat Infused Water

Manfaat dan cara Membuat Infused water

Adapun manfaat infused water berdasarkan kombinasi buah:

  1. teh hijau + jeruk nipis + daun mint

manfaatnya untuk pencernaan, menjaga kesehatan pernafasan, pembakaran lemak, meredakan sakit kepala dan mengatasi susah buang air besar.

  1. Stroberi dan kiwi

Manfaatnya untuk menguatkan sistem kekebalan, memperlancar pencernaan, kesehatan kardiovaskular dan menurunkan gula dara.

  1. Lemon + jeruk nipis + timun

Manfaatnya untuk mengontrol nafsu makan, menjaga kesehatan pencernaan, mengatasi kembung dan engatasi dehidrasi.

  1. Jeruk nipis dan lemon

Manfaatnya meningkatkan sistem pertahanan tubuh dan sebagai sumber vitamin C.

Infused water ini sekarang ini sedang trend kesehatan yang sudah merebak ke Indonesia. Di luar negeri infused water ini dipopulerkan oleh Amy Pogue seorang blogger asal Oregon AS yang terinspirasi dari ibunya yang setiap hari dari semenjak kecil ibunya suka memberinya air dengan potongan lemon didalamnya. Infused water ini sesecara teknis dibuat dengan memasukkan irisan buah kedalam air putih. Setelah itu diamkan seama beberapa jam hingga airnya akan berubah rasanya dan juga sari buahnya keluar.

Membuat air water ini bisa dengan menggunakan air sebanyak setengah liter air dan satu buah air, buahnya diusahakan yang memiliki rasa asam (acid) supaya tidak bosa meminumnya. Buah yang bisa dijadikan infused water yaitu: jeruk nipis, belimbing, kiwi, apel, anggur, nanas, mentimun, jeruk, lemon, buah naga, mangga. Pada prinsipnya infused water ini tak selalu dengan buah-buahan saja, bisa juga dengan herbal dan rempah-rempah juga, seperti kayu manis, daun kemangi, serai, jahe dan yang lainnya.

Cara Membuat Infused Water

  1. Buah harus dalam keadaan segar dan matang dengan optimal karena banyak gizi buah yang belum terbentuk sempurna.
  2. Sebelum buah diiris cuci terlebih dahulu
  3. Dalam air setengah liter bisa dimasukkan 10-15 potongan buah yang tipis, llalu diamkan selama 6 hingga 12 jam dalam kulkas supaya sarinya keluar.
  4. Jka sudah keluar sarinya, minum air sebelum makan, supaya gizinya langsung diserap.

Sekian Manfaat dan cara Membuat Infused Water yang bisa kami sajikan, semoga bermanfaat. 🙂

Iklan
%d blogger menyukai ini: