Iklan

Manfaat dan Khasiat Kunyit Untuk Kecantikan

Manfaat dan Khasiat Kunyit untuk Kecantikan – Kunyit memang sudah dari dulu dijadikan sebagai bahan untuk merawat kecantikan kulit kita, dari nenek moyang hingga sekarang. Kunyit ini biasa disajikan dalam bentuk jamu supaya tidak terlalu terasa bau kunyit dan terhindar dari tidak enak. Namun sekarang inni ramuan dari kunyit dan untuk kecantikan tidak hanya dalam kemasan jamu saja, melainkan sudah diracik sedemikian rupa supaya lebih mempermudah konsumen yang memakainya contohnya seperti dalam bentuk minuman, kapsul, serbuk dan masih banyak macam lainnya.

Sebelum kita membahas mengenai manfaat kunyit ada baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu   kandungan yang terdapat kunyit tersebut, seperti berikut:

Didalam kunyit terdapat senyawa obat yang biasa di sebut dengan kurkuminoid yang trediri dari desmetoksikumin, kurkumin, bisdesmetoksikurkumin dan terdapat zat-zat lainnya. Supaya lebih jelasnya kita rincikan sebagai berikut;

  • Kurkumin : R1 = R2 = OCH3 10%
  • Bisdemetoksikurkumin : R1 = R2 = H
  • Demetoksikurkumin : R1 = R2 = H
  • Minyak asiri / volatile oil (turmeron, keton sesquiterpen, tumeon 60%, sabinen, felandren, zingiberen 25%, sinei dan borneol).
  • Karbohidrat 3%
  • Vitamin C 45-55%
  • Lemak 1-3%
  • Protein 30%
  • Pati 8%
  • Garam-garam mineral (kalsium, fosfor dan zat besi).

Setelah kita mengetahui kandungan yang terdapat pada kunyit sekarang kita akan memaparkan manfaat kunyit untuk kecantikan.

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan

  1. Menghilangkan Jerawat

Kunyit bisa melawan datangnya jerawat dan juga bisa membuta kulit wajha anda lebih bercahaya. Caranya kunyit bisa diparut dan dijadikan masker pada wajah, masker tradisional ini sering dilakukan oleh callon pengantin beberapa hari sebelum ia menikah. Selain mencerahkan kulit juga bisa mengurangi noda hitam yang menghalangi wajha cantik anda.

Supaya nantinya tidak menjadi kuning pada wajah anda baiknya mencampurkan beberapa bahan lain pada masker kunyit anda, seperti dua tetes minyak zaitan, sejumput kunyit, 2 sendok makan tepung, dan 1 sendok makan susu organic hangat, semua ahan di blender hingga semuanya berubah menjadi pasta. Setelah itu oleskan pada wajah anda namun dengan tipis saja. Diamkan hingga mongering sekitar 20 menit saja. Lakukan hal ini sebelum anda mandi supaya langsung dibilas ketika anda mandi.

  1. Mencegah Keriput

Lakukanlah masker kunyit ini dibagian mata anda, karena selian menghilangkan kerutan juga menghilangkan lingkaran hitam di daerah mata. Caranya yaitu campurkan 2 sendok mnetega dan sedikit kunyit, lalu terapkan pada daerah mata anda dan biakan selama 20 menit setelah itu bilas dengan air dingin.

  1. Mengatasi kulit Kering dan Berminyak

Untuk anda yang memiliki kulit kering lakukanlah cara ini, campurkan 2 tetes minyak zaitun, 1 putih telur, air mawar, jus lemon, dan sedikit lemon. Jika sudah siap terapkan campuran itu pada wajha anda, siku, leher dan lutut, tunggu sampai kering setelah itu bilas dengan air hangat.

Untuk anda yang memiliki kulit berminyak, campurkan 2 sendok makan bubuk kayu cendana, 2 sendok makan susu, sejumput kunyit, dan 2 tetes jus lemon. Jika sudah siap oleskan pada wajah anda dan diamkan hingga kering, setelah itu bilas wajah dengan air hangat.

  1. Menghaluskan Tumit

Jika anda memiliki tumit yang kering, maka lakukanlah caraini, dengan mencampurkan 3 tetes minyak kelapa dan 3 sendok makan kunyit. Campuran ini juga bisa bermanfaat untuk jari-jari anda yang terinfeksi oleh jamur.

  1. Mengobati Pigmentasi

Jika sahabat yang memiliki bekas jerawat atau biasa juga di sebut dengan hiperpigmentasi anda bisa melakukan cara ini supaya bekar jerawat anda mereda, caranya yaitu dengan mencampurkan jus lemon dan parutan kunyit lalu oleskan pada daerah wajah anda, setelah itu diamkan selama 20 menit, jika ingin haisl yang lebih baik amka lakukanlah setiap hari.

Demikian Manfaat dan Khasiat Kunyit Untuk Kecantikan yang bisa kami sajikan, semoga bermanfaat. 🙂

Iklan
%d blogger menyukai ini: