Iklan

Kalimat Teks Sumpah Pemuda Asli 28 Oktober 1928

Kalimat Teks Sumpah Pemuda Asli 28 Oktober 1928 – Sumpah Pemuda merupakan salah satu hal yang begitu penting dalam menitik perjalanan bangsa Indonesia, dalam sumpah tersebut terdapat janji dan ikrar yang diucapkan oleh pemuda dan juga pemudi indonesia pada Kongres Pemdua II yang menjadi landasan untuk kita para pemuda untuk selalu memperjuangkan Indonesia, tentunya sebagai bangsa yang merdeka juga berdaulat.

Kalimat Teks Sumpah Pemuda

Kongres Pemuda dilakukan di Jakarta selama 2 hari, yaitu pada tanggal 27 dan 28 Oktober pada tahun 1928. Dan di hari kedua itulah ikrar dan janji diucapkan oleh para pemuda dan pemudi Indonesia dan menyatakan bahwa TANAH AIR, BANGSA, dan juga BAHASA merupakan satu kesatuan yang harus selalu dijaga dengan baik.

Kongres Pemuda tersebut dihadiri oleh para organisasi pemuda terkemuka diantaranya yaitu, Pemuda Indonesia, Jong bataks, Jong Java, Kjong Islamieten Bond, Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI), Jong Celebes, Pemuda Kaum Betawi, dan Jong Sumateranen Bond.

Tak hanya para Pemuda saja yang datang dan menyaksikan kongres tersebut, bahkan sejumlah tokoh pergerakan pemuda dan politikpun datang kesana untuk menyaksikan acaranya, orang-orang tersebut yaitu, Mohammad Yamin, Soegondo Djojopoespito, Djuanda, Sarbini, Siti Sundari, WR Soepratman, Katja Soengkana, Amir Sjarifuddin, Johanes Leimena, Soejono Djoenoed Poeponegoro, Mohammad Roem, Kasman Singodimedjo, dan masih banyak lagi.

Berikut ini Kalimat Teks Sumpah Pemuda Asli 28 Oktober 1928

SOEMPAH PEMOEDA

SATOE:

KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA

DOEA:

KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA

TIGA:

KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENGJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA

Djakarta, 28 Oktober 1928

Iklan
%d blogger menyukai ini: