Iklan

10 Gunung Tertinggi dan Populer di Indonesia

10 Gunung Tertinggi dan Populer di Indonesia – Indonesia merupakan Negara yang sangat besar yang memiliki pulau yang beribu-ribu maka tak heran jika Indonesia menjadi Negara kepulauan terbesar di Dunia. Sebagian pulau ini memiliki banyak sekali gunung-gunung yang menjulang tinggi. Bagi sahabat yang suka naik gunung, pastinya sudah taka sing melihat gunung-gunung ini, ataupun sebagin gunung yang akan kami bahas ini. kalau begitu yuk kita lansgung sanaj simak informsinya di bawah ini.

Gunung Tertinggi Di Indonesia

  1. Puncak Jaya, Papua

Gunung Puncak Jaya Papua

Cartenz Pyramid, itulah nama lain dari Puncak jaya ini. puncak ini merupakan titik tertinggi di Indonesia juga di Oseania. Puncak ini memiliki ketinggian kurang lebih 4.884 Mdpl.

Karena ketinggiannya itu, puncak ini selalu tertutupi oleh salju dan Punck Jaya ini menjadi satu dari sedikitnya tempat bersalju yang ada di Indonesia. Selain itu karena gunung ini tertinggi di Oseania, sehingga menjadi 7 puncat dunia paling tinggi.

  1. Puncak Mandala, Papua

Gunung Puncak Mandala Papua

Gunung kedua tertinggi di Indonesia yaitu Puncak Mandala yang tempatnya masih terleyak di papua. Gunung ini tingginya hampir sekitar 4.760 meter dan merupakan bagian dari pegunungan Jayawijaya yang ada di timur Papua.

Tahun tahun 90-an, gunung ini tertutupi oleh salju, namun karena pemanasan global sehingga saljunya melumer. Namun sejak tahun 2003 salju itu sudah tak terlihat lagi. Meskipun begitu puncak ini masih menjadi tantangan terberat bagi para pendaki dari dalam maupun luar kota.

  1. Puncak Trikora, Papua

Gunung Puncak Trikora Papua

Puncak gunung yang menempati barisan ketiga ini masih berada di Papua, dulunya memang puncak ini masih diselimuti oleh salju akan tetapi ketika masuk tahun 1962 saljupun tak terlihat lagi. Gunung ini memiliki ketinggian 4.750 meter.

  1. Ngga Pilimsit, Papua

Gunung Ngga Pilimsit Papua

Di Papua memang begitu banyak sekali gunung-gunung yang menjulang tinggi, gunung ini tingginya sekitar 4.717 Mdpl. Gunung ini dulunya bernama Gunung Idenburg yang berada di bagian barat gunung Maoke, Papua.

  1. Gunung Kerinci, Jambi

Gunung Kerinci Jambi

Tak hanya Papua saja yang memiliki gunung-gunung tinggi yang menjulang ke atas, di Jambipun ada nih, namanya Gunung Kerinci. Gunung ini memiliki tinggi sekitar 3.805 meter dan gunung ini merupakan gunung tertinggi di Sumatera dan masuk ke urutan kelima dari gunung tertinggi di Indonesia. Di gunung ini terdapat beberapa habitat satwa langka seperti badak sumatera dan harimau.

  1. Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani yang terdapat di Lombok ini sering disebut dengan gunung terindah yang ada di Indonesia. Ketinggian dari gunung ini yaitu sekitar 3.726 Mdpl. Gunung ini banyak sekali mendapat perhatian bagi sahabat pecinta alam untuk mengabadikan gunung indah yang satu ini dengan cara mendakinya. Didalam gunung ini terdapat sebuah kawah yang bernama Segara Anak yang menjadi penyempurna gunung Rinjani tersebut.

  1. Gunung Semeru, Jawa Timur

Gunung Semeru

Diseluruh pulau jawa tercatat bahwa gunung Semeru ini merupakan gunung tertinggi yang memiliki ketinggian sekitar 3.676 Mdpl. Gunung ini banyak membuat orang didalam maupun diluar negeri untuk bisa mendaki kesana. Untuk bisa mendaki ke puncak gunung anda membutuuhkan waktu sekitar 4 hari yang bisa anda mulai dari daerah Lumajang maupun malang Jawa Timur.

  1. Gunung Sanggar

Gunung Sanggar

Gunung Sanggar ini sebenarnya terdapat cukup dekat dengan Gunung Rinjani namun memang gunung ini memiliki ketinggian yang agak sedikit dibawah Gunung Rinjani dengan ketinggian sekitar 3.492 Mdpl. Meskipun gunung ini berdekatan dengan Gunung Rinjani, Gunung Sanggar ini memang kurang begitu terkenal karena mungkin pengunjung lebih terpikat oleh indahnya gunung Rinjani.

  1. Gunung Rantemario, Sulawesi Selatan

Gunung Rantemario

Bulu Rantemario, itulah sebutan lain bagi Gunung yang satu ini yang letaknya berada di Provinsi Sulawesi Selatan. Gunung ini memiliki ketinggian gunung 3.478 meter yang merupakan gunung tertinggi yang berada di Pulau Sulawesi.

  1. Gunung Slamet, Jawa Tengah

Gunung Slamet

Gunung di merupakan gunung terpopuler bagi para pendaki di Jawa Tengah. Gunung berapi ini memiliki pemandangan yang begitu indah, meskipun medan yag harus kita lalui cukup sulit namun banyak yang datang kesana. Dikaki gunung Slamet ini juga terdapat objek wisata yang menjadi andalan bagi para wisatawan yang bisa anda kunjungi juga disana.

Demikian postingan kami mengenai Gunung Tertinggi yang ada di Indonesia, semoga bermanfaat.

Iklan
%d blogger menyukai ini: