25 November: Memperingati Hari Guru Nasional

25 November Memperingati Hari Guru Nasional

25 November: Memperingati Hari Guru Nasional – setiap tahun semua warga Indonesia selalu memperingati Hari Guru Nasional pada tanggal 25 November. Selain itu juga pada tanggal tersebut lahir organisasi guru yang dihimpun dalam Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Namun apakah sahabat tahu bagaimana asal usul tanggal tersebut dapat dipilih menjadi hari Guru yang merupakan pahlawan tanpa tanda jasa tersebut?

Ceritanya seperti ini sobat, sebelum Indonesia merdeka, para pegiat pendidikan di nusantara sudah mendirikan Organisasi yang bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) di tahun 1912. Anggota organisasi tersebut terdiri dari Guru desa, Guru Bantu, Kepala Sekolah dan Penilik Sekolah yang semuanya itu merupakan pekerja di sekolah-sekolah yang berada di tanah air.

Karena kuatnya keinginan mereka untuk merdeka dan juga mendirikan negaranya sendiri yang bernama Indonesia sehingga mereka mengubah namanya menjadi PGI (Persatuan Guru Indonesia) di tahun 1932.

Setelahnya Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945, pengurus PGI melakukan Kongres Guru Indonesia yang tepatnya setelah 100 hari kemerdekaan Indonesia yaitu pada 24-25 November 1945.

Kongres tersebut berlangsung di Kota Surakarta untuk mengikrarkan dukungan guru pada NKRI. Dan ketika itu juga nama PGI di rubah menjadi PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia).

Karena jasa yang sudah dilakukan oleh para guru selama ini, maka Pemerintah Republik Indonesia menetapkan tanggal berdirinya PGRI sebagai Hari Guru Nasioanl melalui Kepres No 78 Tahun 1994.

Kepres tersebut dimantapkan kembali pada tahun 2005 di UU no 14 mengenai Guru dan Dosen, bahwa pada tanggal 25 November setiap tahunnya akan diperingat Hari Guru Nasional yang selalu dibarengkan dengan ulang tahun PGRI.

%d blogger menyukai ini: