Tanggal 1 Desember: Memperingati Hari AIDS Sedunia

1 Desember Hari AIDS Sedunia

Tanggal 1 Desember: Memperingati Hari AIDS Sedunia – Tepat Pada tanggal 1 Desember setiap tahunnya selalu di peringati Hari AIDS Sedunia, itu semua dilakukan supaya masyarakat yang ada di seluruh dunia sadar terhadap wabah yang menyakitkan tersebut yang diakibatkan oleh tersebarnya virus HIV.

Pada tahun 1988 para menteri kesehatan berkumpul dalam Pertemuan Menteri Kesehatan Sedunia untuk menggagas mengenai program-program Pencegahan AIDS. Dan sejak saat itulah pihak pemerintah mulai memperingatinya, tak hanya pemerintah bahkan organisasi internasonal dan juga yayasan amal yang ada di seluruh dunia.

SEJARAH AIDS
Awal mulanya Hari AIDS Sedunia ini dicetuskan yaitu oleh Thomas Netter dan James W. Bunn pada tanggal 1987 bulan Agustus di Geneva, Swiss dalam Program AIDS Global di Organisasi Kesehatan Sedunia. Kedua pencetus ini menyampaikan idenya kepada Direktur Program AIDS Global yang kini dikenal dengan sebutan UNAIDS yaitu DR. Jonathan Mann. Konsep yang disampaikan oleh mereka berdua itu disukai oleh Dr. Man dan langsung menyetujuinya dan merekomendasikan bahwa 1 Desember 1988 merupakan akan menjadi peringatan pertama untuk Hari AIDS Sedunia.

Kala itu Bunn menyarankan supaya pada tanggal 1 Desember dipastikan harus diliput oleh media karena itu merupakan hal yang penting untuk keberhasilan Hari AIDS Sedunia.

Bunn yang awalnya merupakan bekerja menjadi reporter ini akhirnya bekerja sama dengan Nansy Saslow, merupakan produsernya sendiri untuk memikirkan bagaiaman memulai “AIDS lifeline” (Tali Nyawa AIDS) ini.

“AIDS Lifeline” ini merupakan sebuah kampanye penyadaran masyarakat dan juga bagi pendidikan kesehatan yang dilakukan di berbagai stasiun TV di Amerika Serikat yang akhirnya “AIDS Lifeline” mendapatkan penghargaan Peabody. Pada tahun 1986 juga mendapatkan penghargaan “Presidential Citation for Private Sector Initiatives”.

Pada tahun 1996 Program Bersama PBB untuk HIV/AIDS (UNAIDS) mulai bekerja dengan melakukan kampanye AIDS sedunia untuk melakukan pencegahan, komunikasi dan pendidikan sepanjang tahun.

Tema Hari AIDS di dua tahun pertama dipusatkan pada orang muda dan anak-anak saja, namun banyak kritikan kala itu karena semua orang berapapun itu usianya dapat terinfeksi HIV dan menderita AIDS. Dan pada tahun 2004 kampanye AIDS Sedunia dilakukan menjadi organisasi independen.

%d blogger menyukai ini: