Iklan

5 Cara Mudah Membedakan Beras Asli dan Beras Palsu

Beras Palsu atau biasa juga disebut dengan beras sintetis saat ini sedang merak diberitakan di Indonesia, karena pasalnya beras palsu ini sudah banyak tersebar di Indonesia. Hal itu diketahui bahwa adanya korban dari beras palsu ini. Berita ini sedang begitu hangat diberitakan oleh masyarakat Indonesia, karena beras palsu ini sangat berbahaya jika terus-terusan dikonsumsi oleh tubuh kita karena di dalamnya terdapat jenis kimia yang sangat membahayakan tubuh kita.

Beras sintetis yang dibuat dari plastik ini katanya diproduksi dan berasal dari Kota China, dengan berbagai macam alat canggihnya China memang biisa kita acungkan jempol karena banyaknya alat-alat yang canggih sehingga memudahkan masyarakatnya, namun disisi lain ada juga yang membahayakan masyarakat yaitu dengan diadakannya mesin-mesin pembuat beras yang berasal dari plastik.

Tak hanya beras saja yang saat ini sedang marak kepalsuannya, bahkan telur dan masih ada yang lainnya juga di palsukan untuk meraih kesuksesan dalam materi, padahal jika kita terawang dengan hati nurani apalah semua itu karena akan merugikan banyak orang, meski di tempatnya kurang mengkonsumsi nasi namun mestinya tetap harus ada yang namanya saling menghargai dan melindungi, baik itu dari segi keselamatan maupun dari kesehatan diri dan juga jiwa.

Sahabat pastinya saat ini sedang waspada tentang adanya beras palsu yang sedang marak dipasaran, namun sahabat tenang saja karena kami disini akan memberikan tips untuk membedakan antara beras asli dan juga beras palsu dengan memberikan ciri-cirinya, adapun ciri-ciri beras palsu yang bisa kita bedakan dengan beras yang asli kita bisa simak di bawah ini informasinya.

Cara Membedakan Beras Asli dan Beras Palsu

Ciri-Ciri Beras Palsu

1. Tidak Ada Bercak Putih

Beras biasanya memiliki bercak putih atau biasa juga di sebut dengan mata beras, bercak putih pada beras biasa terdapat di bagian tengah beras, nah kalau beras palsu tidak memiliki mata beras tersebut, itulah ciri pertama yang dengan mudah anda bisa ketahui sebelum anda membeli beras di pasaran.

2. Teksturnya Mulus

Beras yang asli biasanya memiliki bentuk yang agak kasar jika kita memegangnya karena itulah bentuk asli yang seharusnya, karena ketika masih menjadi padipun, bentuk padinya kasar tidak lembut, berbeda dengan beras palsu yang sangat mulus jika kita memegangnya karena memang dibuat oleh mesin secara instan.

3. Mengambang

Nah sobat, jika anda sulit membedakan beras dari teksturnya atau dari ciri diatas, cobalah anda mencuci beras anda jika beras tersebut mengambang nah itu bisa diartikan kalau beras anda palsu, namun jika beras anda terdapat di bawah air maka tidak salah lagi kalau beras yang sahabat konsumsi itu merupakan beras yang asli.

4. Lengket

Nah sobat, jika anda masih belum percaya juga dengan ciri-ciri diatas, anda bisa mengecek kembali dengan cara simpan beras anda diatas keramik atau diatas meja, lalu panaskan setrika anda, jika beras tersebut lengket dan menempel kesetrika, maka anda harus waspada kalau beras anda itu palsu.

5. Tidak Harum

Beras yang bagus biasanya memiliki aroma yang begitu lezat ketika dimasak, apalagi ketika kita memasak beras yang baru di panen dari sawah pasti keharumannya itu tercium ketika uap nasi itu keluar, namun hati-hati sobat dengan beras palsu yang ketika dimasak itu tidak mengeluarkan harum sedikitpun, akan tetapi beras yang aslipun tak selamanya harum sobat, karena jenis padi memang berbeda-beda.

Nah sobat, demikianlah informasi yang bisa kami sajikan untuk anda mengenai Ciri Membedakan Beras Asli dan Beras Palsu, semoga sahabat merupakan konsumen yang selektif dalam memilih makanan, tak hanya beras namun juga pada makanan yang lainnya.

Iklan
%d blogger menyukai ini: