Iklan

Bacaan Niat dan Doa Sholat Tahajud Serta Keutamaan dan Manfaat Sholat Tahajud

Manfaat Sholat Tahajudshalat Tahajud  merupakan shalat sunnah muakkad yang dikerjakan di malam hari setelah shalat Isya dan sesudah bangun dari tidur, meskipun itu hanya sebentar. Shalat tahjud merupakan shalat sunah muakad yang sangat dianjurkan.  Shalat tahajud paling sedikit dikerjakan sedikitnya 2 rakaat dan tak terbatas sebanyak-banyaknya semampu anda mengerjakannya.

Sholat tahajud dapat dilakukan kapan pun di malam hari, namun yang paling utama dikerjakan pada sepertiga malam terakhir. Sholat tahajud ini dulu adalah sholat yang wajib dikerjakan oleh Nabi Muhammad SAW sebelum turunnya perintah untuk mengerjakan sholat lima waktu.

Sholat tahajud bukan hanya dapat membuat orang yang mengerjakannya mendapatkan tempat yang istimewa di hadapan Allah SWT, namun juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan dapat mencegah penyakit.

Segala sesuatu yang telah diterangkan dalam Al – Qur’an yang kita jalankan dalam kehidupan sehari- hari memiliki pengaruh yang baik dan positif bagi kehidupan kita. Kewajiban kita terhadap agama seperti sholat, puasa, dan yang lin memiliki pengaruh yang baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh kita, dan juga gangguan dari segala penyakit, entah itu yang menyerang kita secara langsung ataupun tak langsung. Ada banyak hikmah di dalam setiap apa yang telah disyariatkan untuk dilaksanakan.

Berikut ini manfaat sholat tahjud dan keistimewaan sholat tahajud:

  • Mengharumkan bau tubuh
  • Menjaminkan baginya kebutuhan hidup
  • Menjadi  hiasan surga
  • Mendatangkan kesehatan
  • Dapat menghindarkan orang yang mengerjakannya dari kesepian dialam kubur
  • sholat tahajjud memberikan manfaat keselamatan dan kesenangan di dunia maupun di akhirat.
  • Sholat tahajud menjadikan wajah orang yang mengerjakan bercahaya.
  • Sholat tahajud bagaikan kendaraan yang dapat mempercepat orang yang mengerjakannya meraih cita-cita.
  • dan banyak lagi manfaat serta keutamaan dari sholat tahajud

Manfaat dari shalat tahajjud yang lainnya adalah orang yang sering melakukan shalat tahajjud akan memancarkan cahaya keimanan di wajahnya, dan akan dipelihara oleh Allah dari segala macam bahaya, setiap perkataannya mengandung arti yang dapat dituruti oleh orang lain. Selain itu semua orang yang mengerjakan sholat tahajud akan mendapatkan perhatian dan kecintaan dari orang-orang yang mengenalinya, dimudahkan hisabnya di akhirat nanti, dan dapat berjalan diatas shirat bagai kilat yang menyambar.

Hal ini seperti yang difirmankan oleh  Allah Subhanahu Wata’ala dalam surat Al Israa’  ayat 79, yang artinya: dan sebagian malam hari, bersholat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.

Terdapat kata – kata yang menarik untuk kita cermati dalam Firman Allah SWT tersebut, dimana kata itu memiliki hubungan sebab dan akibat yang sangat jelas yaitu sholat tahajjud dan tempat terpuji. Mendapatkan tempat yang terpuji merupakan akibat dari sebab melakukan sholat tahajud di malam hari.

Oleh sebab itu bagi mereka yang menginginkan tempat yang terpuji, atau tempat yang mulia di sisi Allaah ataupun di mata manusia maka lakukanlah sholat tahajud.

Niat Sholat Tahajud

Niat Sholat Tahajud

Do’a Setelah Sholat Tahajud

doa setelah sholat tahajud

Demikian uraian mengenai  Bacaan Niat dan Doa Sholat Tahajud Serta Keutamaan dan Manfaat Sholat Tahajud.

Iklan
%d blogger menyukai ini: